Potensi

KAMPUNG IWAK

Sejak dibangunnya irigasi yang melewati wilayah Kelurahan Mentaos maka sejak itu pula usaha dibidang perikanan mulai berkembang.   Wilayah Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara mempunyai potensi perikanan yang cukup banyak baik usaha budidaya, pembenihan dan pengolahan hasil perikanan. Dalam rangka menerapkan “One Village One Product (OVOP)” dalam suatu wilayah dan juga dalam rangka Mendorong Pengembangan Usaha Budidaya Ikan dan Usasha Mikro Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan yang berdaya saing dan berkelanjutan bagi masyarakat Kota Banjarbaru maka pada Hari Sabtu Tanggal 15 April 2017 dilaksanakan Acara “Pencanangan Kampung Iwak” di Kelurahan Mentaos yang diresmikan oleh Bapak Walikota Banjarbaru  H. Nadjmi Adhani.

Dengan adanya Kampung Iwak diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitarya dan menjadi salah satu pusat wisata maupun kuliner di Kota Banjarbaru.

Kampung-Iwak-Banjarbaru-30062017

 

HUTAN PINUS MENTAOS I

Wisata Hutan Kota Mentaos 524566

Hutan pinus yang berlokasi di Jl. Pangeran Suriansyah ini mulai banyak diminati dan dikunjungioleh warga Banjarbaru. Hutan pinus yang memiliki luas 1.000m2 ini banyak memiliki spot-spot yang menarik baik untuk dinikmati maupun untuk dioto. Keberadaan hutan pinus ini diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan objek wisata bagi warga kota Banjarbaru.

PABRIK TAHU

Keberadaan Pabrik Tahu di Komplek Sumber Indah RT.03 RW.02 Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara yaitu Pabrik tahu Sumber Makmur milik Bapak Slamet yang memproduksi tahu dengan kapasitas 2.016 kuintal per tahun dan Bapak Samin yang memproduksi tahu dengan kapasitas 74.000 kg per tahun maka perlu dipikirkan akibat dari limbah tahu tersebut yang mana akan dirasakan oleh masyarakat sekitar pabrik. Maka dilakukan koordinasi dengan Pemerintah dan Dinas terkait dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Banjarbaru, Untuk itu diberikan bantuan  sosialisasi tentang pemamfaatan limbah tahu yang diproses menjadi biogas. Biogas limbah tahu dirasakan mamfaatnya dan disalurkan ke rumah-rumah penduduk Komplek Sumber Indah  RW.02 yaitu warga RT.01 dan RT.03 Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara sebanyak 80 rumah untuk keperluan dapur ibu-ibu rumah tangga.

Peninjauan Tim Penilai RKCI (Rating Kota Cerdas Indonesia) tanggal 03 Agustus 2017 yaitu pengolahan limbah tahu menjadi biogas turut mendampingi dari Kominfo Kota Banjarbaru, Lurah, Seklur, Kasi Ekobang, Kasi Kesos dan Bhabin Kantibmas Kelurahan Mentaos